Food Review : Red Velvet Invasion !

Maybe you have to notice that this is an old posting ;) Nowadays you can found many kinds of red velvet cake or cupcakes around Jakarta, right ? :D

_____________________________________________________________


After watching many- many episodes of DC Cupcakes ( some reality show about 2 sisters following their dream to open cupcakes store in Washington DC ) on local cable TV, suddenly I have this huge craving of everything about "RED VELVET".

Mungkin nama "Red Velvet" masih terasa asing di telinga kita. Tidak banyak yang tahu bahwa
"Red Velvet" adalah sebuah jenis kue. Padahal di amerika sana, kue jenis ini sudah sangat populer.

Sesuai dengan namanya, kue ini berwarna merah. Ada yang berwarna merah terang, ada juga yang agak gelap seperti merah maroon. Warna merah dalam kue ini awalnya berasal dari buah bit ( beetroot ). Tapi untuk mempermudahnya, tidak jarang orang memakai pewarna makanan biasa. Nah kalau di amerika sana, nama "red velvet" sudah banyak dipakai untuk berbagai jenis makanan manis seperti Pancake, Cupcake, Whoopie Pie, Maccaroon, etc
Biasanya perpaduan klasik Red Velvet adalah kue manis yang moist, dengan cream cheese. Mungkin warnanya yang sangat menarik perhatian, membuat kita jadi segera tertarik untuk memakannya! Nah berikut ini adalah signature cupcake dari Georgetown Cupcakes ( dari serial DC Cupcakes tadi )
Setelah saya googling tentang dimana saya bisa menemukan something about red velvet, saya jadi teringat sama Red Velvet Whoopie Pie yang ada di Starbucks ! Rasanya sih standar aja, malah cenderung agak kering ( mungkin karena didisplay terus ). cuma lumayan lah untuk mengobati rasa ngidam saya ;p
Nah, lanjut tentang Red Velvet, saya jadi ingat juga sama sebuah merk yang pernah jual red velvet cupcakes di Brightspot Market ! Langsung deh googling dan ketemu deh sama yang namanya Serradella Patisserie. Ternyata kita hanya bisa memesan terlebih dahulu ( tidak bisa membeli langsung) , dan hanya bisa diantar di daerah sekitar Jakarta Selatan. Dengan minimal pemesanan 1 lusin dengan harga @Rp. 27.500/ cupcake, langsung deh saya dan teman- teman memesan Red Velvet Cupcakes tersebut.
Ini adalah jenis cupcakes to die for. Kuenya sangaaaaat moist dan manisnya pas. Toppingnya adalah Cream Cheese Frosting yang memang sangat manis ( bagi beberapa teman saya yang mencoba ) tapi kalau dimakan bersama dengan kuenya, wuaaaaaa..... rasanya tidak bisa berhenti ;D Walaupun agak pricey hanya untuk sebuah cupcakes, tapi boleh lah untuk mengobati rasa penasaran ;p Dan jujur.... saya jadi ngidam lagi nih. hehehe....
Kata- katanya sih di Kitchenette juga ada Red Velvet Cupcakesnya, tapi saya belum pernah coba tuh. Nah... Ditunggu deh comment- commentnya buat anda- anda yang sudah mencoba. Karena tampaknya kue jenis ini sudah mulai banyak bermunculan di Jakarta yah ? :)
_______________________________________________________________
Updated 26 March 2012 :

Teman saya baru pulang dari tripnya ke US, dan kebetulan dia membawakan Red Velvet Cupcakes dari Sprinkles - LA . Sprinkles cukup terkenal disana, karena banyak celebrity yang suka sama cupcakes ini seperti Oprah dan Blake Lively. Kebetulan saya ada kesempatan untuk mencoba their Red Velvet Cupcakes.
Presentationnya simple banget, gaya khasnya Sprinkles. Untuk rasanya, kuenya sangat moist dan cukup terasa bitter dari coklatnya. Untuk frostingnya, masi terasa butiran2 gulanya, bisa dibilang agak mirip sama punyanya Serradella. Rasanya sangat manis, mungkin bagi orang- orang yang tidak terlalu suka manis pasti gak suka. Kalau saya sih, suka- suka aja ;D

17 comments:

  1. Klo ga salah sih red velvet yg di Kitchenette disuply sama Serradella Patisserie juga. :)

    Denger2 di Red Sofa Rasuna punya red velvet cake, tp gw blom pernah nyoba

    ReplyDelete
  2. oyaaaa??? Yang di kitchennette disupply dari serradella? Kalau iya sih asik deh kalau mau makan gak harus repot-repot pesen dulu ;p
    Kemarin ini ada teman yang beli red velvet cupcakes di Le Soho, GI. Katanya enak juga :)

    ReplyDelete
  3. You should try Tea Party's red velvet. Theirs in my opinion is much better than seradella's, or at least less sweet hahaha.

    ReplyDelete
  4. @abraham : tea party dimana ya? mau infonya heheheh

    ReplyDelete
  5. hallo mbak natasha,,,

    tea party ada di arteri pondok indah. tapi dia tutupnya cepeett, jam 6an sore sudah tutup.

    ada lagi yg enaaakkk... di ismaya GI...hmmm,.,,,yummy...

    ReplyDelete
  6. @depe : thanks depe! jarang maen daerah sana that's why ga tau -_____-" hahha... skrg sih uda gampang banget ya dapetin red velvet, waktu aku nulis post ini mah belum menjamur kaya sekarang yang uda banyak option hehehe.

    ReplyDelete
  7. mau nambahin aja, tea party yang di pondok indah itu bukan di arteri,tapi di margaguna sebrang pom bensin y ruko2 itu..dia kecil nyempil gt,agak gk kliatan kalo dr jalan..

    oh iya,cobain den green tea cupcake nya @Cupcakes_Co enaaakkk bgt..cream cheese frosting nya yummy bgt! :D

    ReplyDelete
  8. Hi,

    Mnrt aku the best Red Velvet cake yg pernah aku cobain selama ini tuh yg di UNION, Plasa Senayan... have u tried it? Argh..to die for itu mah :)
    Tp dia bukan cupcakes ya, jualnya patty-cake gitu, a bit pricey sih utk per piecenya...tp ga nyesel deh nyobain, worth to try!!!

    ReplyDelete
  9. @Mireille : Uda dong hehehehe..... ini posting-an lama sbelum red velvet menjamur dimana- mana btw :p

    ReplyDelete
  10. red velvet paling enak itu punya Union di plaza senayan, stockistnya By Alma yang ada di panglima polim, twitternya @ibualma, tapi kuenya pake alkohol dikit..

    yg kedua itu ada di Souly Butter Kitchen kemang, persis depan KFC kemang. frostingnya pake mascarpone. enak banget!

    ReplyDelete
  11. Hi Natasha,

    Great blog you have up here! I'm impressed. :-)

    Thank you very much for the info about Pierre Herme. Now I know where to look for those kiddos when I'm back to Jakarta in a couple of days. Awesome! :-)

    Anyway, I would suggest you write more on the delicacy of Indonesian es, such as Es Kelapa Muda, Es Dawet, and so on. It'd be great if you could also provide useful information on whereabout in the country an outlet that best serves them.

    Thank you again and I would like to kindly invite you to visit my blog. Lovely day to you, Natasha! :-)

    Subhan Zein

    ReplyDelete
  12. @Kezia Debora : Hi Kezia. Kebetulan saya kenal sama managernya Union, dan dia bilang Red velvetnya union truly Karen yang buat. Jadi bukan diambil dari stockist luar :D

    @Subhan Zein : Thx for reading my blog. such an honor! yes I will try my best to posting more Indonesian local delicacies. Actually i already had the material but haven't got time to post it ! -___-' haha.. hope you can check out my blog later. Nice meeting u !

    ReplyDelete
  13. Hai Natasha.. you must try twelve cupcakes deh.. peanut butter and red velvetny so yummy..

    ReplyDelete
  14. the original source check here discover this info here websites address article

    ReplyDelete

 

Facebook Page

Twitter Updates

Meet The Author

Hi ! My name is Natasha. V. Lucas, based in Jakarta, Indonesia. What I do : Food Stylist | Food Photographer | F&B Consultant | Culinary TV Host | Social Media Managing For any inquiries you can email me to natashavlucas@gmail.com